Luwu,Ambarnews.com - Kapolres Luwu AKBP Arisandi pimpin upacara serah terima jabatan dan melantik beberapa pejabat utama dan Kapolsek baru di jajaran Polres Luwu, bertempat di halaman apel Polres Luwu, Rabu (4/9/2024)

Adapun pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan yaitu Wakapolres, Kasat Reskrim, Kapolsek Bupon, Kapolsek Bua dan Kapolsek Bastem Polres Luwu. Sedangkan pejabat utama yang dilantik yaitu Kasat Binmas, Kapolsek Suli dan Kasatpolairud Polres Luwu.

Diketahui bahwa Kompol La Makkaneneng yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Luwu dimutasi menjadi Wakapolres Barru dan digantikan oleh Kompol Misbahuddin yang sebelumnya berdinas sebagai Kabag SDM Polres Palopo.

Berikutnya Kasat Reskrim Polres Luwu yang sebelumnya dijabat oleh AKP Muhammad Saleh kini secara resmi dijabat oleh AKP Jody Dharma. AKP Muhammad Saleh sendiri menduduki jabatan baru sebagai Panit 1 Unit 1 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Sulsel. Kapolsek Bastem yang sebelumnya dijabat oleh Iptu Aswar kini digantikan oleh AKP Salmon Abang, Kapolsek Bua yang sebelumnya AKP Syarief Sikati kini secara resmi dijabat oleh Iptu Anwar Syamsuddin, Kapolsek Bupon yang sebelumnya diemban oleh Iptu Yakobus Rimpung kini secara resmi diemban oleh Ipda Hasbiwanim. 

Disamping itu, pejabat baru yang dilantik yaitu Kasat Binmas AKP Syarief Sikati menggantikan Kompol Daud Sisang yang memasuki masa purna bakti, Kapolsek Suli yang diemban oleh AKP Idris menggantikan AKP Yunus Mangiwa yang juga memasuki masa purna bakti, serta Kasatpolairud yang dijabat oleh pejabat perdananya yaitu Iptu Suhardi.

Kapolres Luwu dalam amanatnya secara khusus meminta kepada Kasat Reskrim Polres Luwu yang baru agar segera konsolidasikan berbagai kasus yang masih dalam penanganan Satreskrim agar tujuan penegakan hukum berupa kemanfaatan, kepastian dan keadilan benar-benar tercapai.

"Saat ini kita juga sudah dalam tahapan Pilkada serentak dimana Satreskrim tergabung dalam Sentra Gakkumdu bersama unsur Bawaslu dan Kejaksaan guna mengawal proses demokrasi dan memastikan proses penegakan hukum tindak pidana pemilu berjalan dengan cepat dan efektif." Jelas AKBP Arisandi.

Arisandi juga menekankan kepada Kasat Polairud Polres Luwu sebagai fungsi yang baru dan IPTU Suhardi sebagai pejabat Kasat yang pertama di satuan tersebut agar mengatensi keluhan masyarakat terkait destructive fishing berupa penggunaan bom ikan.

Setelah pelaksanaan upacara serah terima jabatan, kegiatan dilanjutkan dengan acara pisah sambut bertempat di aula Tebbake Tongngenge yang diikuti seluruh pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Luwu bersama Ketua Bhayangkari Cabang Luwu beserta staf dan pengurus.(Harianto)