Wajo, Ambarnews.com - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, seperti biasanya. Akan ada banyak isu beredar perihal netralitas ASN.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebagaimana diketahui bersama, seperti dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara. Bahwa ASN harus netral dalam politik.

Sehubungan dengan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Wajo Maju berharap kepada Bawaslu Kab. Wajo untuk menindak tegas segala bentuk pelanggaran dalam tahapan Pilkada Wajo 2024.

Kader HMI Cabang Wajo Maju Ahmadi mengatakan, Bawaslu harus menjadi garda terdepan untuk memastikan hajatan demokrasi berjalan sesuai aturan.

"Tentu kita berharap Bawaslu Kab. Wajo mampu bekerja secara profesional tanpa pandang bulu menindak tegas segala bentuk pelanggaran yang mungkin saja terjadi." Ujar Ahmadi.

Ahmadi berharap Bawaslu Wajo mampu menjaga integritas mereka sebagai pengawas Pemilu dan tentunya tidak menjadi singa ompong.

"Tentu kita berharap dengan Bawaslu Wajo untuk serius menghadapi Pilkada tahun ini. Kalau kita melihat Bawaslu Wajo hanya garang di media, semoga saja beliau konsisten dan tidak menjadi singa ompong." Tegas Ahmadi.

Menurutnya, tingkat kepercayaan publik kepada Bawaslu pasca Pemilu harus ditingkatkan.

“Banyak isu-isu pelanggaran Pemilu terjadi namun tidak ada tindaklanjut yang dilakukan Bawaslu, semoga itu tidak terulang kembali” lengkapnya.

Ahmadisaputra