BONE, Ambarnews.com - Kebakaran hebat menghanguskan tiga unit rumah panggung di Kelurahan Pompanua Riattang, Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Minggu (11/8/2024) malam. Insiden yang terjadi sekitar pukul 23.00 WITA ini menewaskan seorang anak berusia 9 tahun.

Kapolres Bone AKBP Erwin Syah, S.I.K., M.H.,  melalui Kapolsek Ajangale, IPTU Agustino, L, SH, M.A.P, mengonfirmasi kejadian tersebut kepada wartawan, "Tiga rumah terbakar dan satu korban jiwa, anak laki-laki berusia 9 tahun," ujarnya. Senin (12/8/2024).

Korban jiwa diidentifikasi sebagai Algi Fahri (9), warga setempat. Menurut keterangan Rosmalah, nenek korban, Algi terjebak di lantai atas saat api mulai membesar.

Rosmalah (Mertua Kardiman) awalnya berada di lantai bawah rumah Kardiman, mengayun cucunya yang lain, Saat menyadari adanya api, Rosmalah naik ke lantai atas untuk menyelamatkan Algi Fahri. 

Namun, tangisan  cucunya yang lain membuatnya kembali turun, dan pada saat itu api sudah terlalu besar untuk bisa menyelamatkan Algi Fahri.

Rumah yang terbakar milik Arifin (60), Kardiman (31), dan Ikbal (45). Total kerugian material diperkirakan mencapai Rp 240 juta, meliputi bangunan dan isinya.

Kardiman, salah satu pemilik rumah, menduga penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. "Sebelumnya, saya pernah melihat colokan kulkas yang hangus," tuturnya saat dimintai keterangan.(Ashar)