WAJO, Ambarnews.com - Kepolisian Resor Wajo mengamankan kepulangan jamaah haji Kabupaten Wajo pada Rabu (17/7/2024) sekitar pukul 02.00 WITA.

Personel kepolisian tersebut disiagakan di lokasi kedatangan haji yang bertempat di halaman gedung Kantor Bupati Wajo, Jalan Rusa, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo.

Kapolres Wajo AKBP Muhammad Rosid Rhido melalui Kabag Ops Polres Wajo Kompol Jasman Parudik menuturkan bahwa pengamanan yang dilaksanakan oleh pihaknya merupakan bagian dari upaya memberikan rasa aman setibanya para jamaah di Kabupaten Wajo.

Jamaah haji Kabupaten Wajo yang tergabung dalam kloter 32 berjumlah 221 orang, menggunakan kendaraan bus sebanyak 9 unit yang dikawal oleh personel dari Sat Lantas dan Sat Samapta Polres Wajo bersama dengan Dishub Kabupaten Wajo.

"Penyiagaan personel itu juga dilakukan untuk membantu apabila terdapat jamaah yang membutuhkan pertolongan khusus seperti jamaah lansia atau yang memiliki keterbatasan fisik," ujar Kompol Jasman.

Sebelum pengamanan, para personel terlebih dahulu telah ditempatkan di sejumlah titik dan mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi pencurian barang bawaan, kendaraan, serta barang berharga lainnya selama proses penyambutan di sekitar lokasi kedatangan.

"Pengamanan ini dilakukan guna menjaga ketertiban kegiatan dan mengimbau masyarakat agar tetap waspada, mengingat kedatangan para jamaah ini tentunya juga akan disambut oleh pihak keluarga dari masing-masing jamaah sehingga tidak terjadi desak-desakan," jelas Kompol Jasman.

Dalam kegiatan tersebut, Polres Wajo menurunkan personel baik Pamkab maupun Pamtup sebanyak 84 orang yang ditempatkan di sejumlah titik pengamanan. Tentunya, pada penyambutan ini akan ada peningkatan aktivitas di sekitar lokasi sehingga kita perlu mewaspadai potensi tindak kriminal seperti pencurian dan aksi serupa.

Hingga berakhirnya kegiatan penyambutan, Kabag Ops Polres Wajo menyebut kegiatan berlangsung dengan tertib dan kondusif.

(Kasi Humas Polres Wajo)