Soppeng, Ambarnews.com - Berkumis tebal dan berwajah tegas membuatnya mudah dikenal di berbagai kalangan. Ia adalah Andi Mapparemma, lahir pada tanggal 7 Mei 1964, putra dari Bapak Andi Mappu dan Ibu Andi Hasnia.

Dikaruniai tiga orang anak: Andi Dewi Ayu Lestari, Andi We Nila Batari Gading, dan Andi Rezki Putra Ramadhan.

Andi Mapparemma mengenyam pendidikan di SDN 17 Bila dan lulus pada tahun 1979. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di SMP Muhammadiyah selama tiga tahun dan lulus pada tahun 1982. Ia bersekolah di SMA Negeri 200 (SMAN 1) selama tiga tahun dan lulus pada tahun 1985. Selanjutnya, ia meraih gelar Sarjana Ekonomi di STIE YPUP Makassar pada tahun 1990 dan menyelesaikan program Magisternya di STIE Malang pada tahun 2011.

Ia memulai karirnya sebagai karyawan di PT Putra Jaya pada tahun 1986-1992. Pada tahun 1992-1999, ia bekerja sebagai karyawan di Bosowa Grup, dan pada tahun 1999-2008 selama sembilan tahun lebih ia terpilih menjadi direktur di CV Wana Jaya.

Pada tahun 2004, ia masuk sebagai caleg dari Partai Golkar. Meski mendapat suara yang signifikan, ia belum berhasil duduk di kursi parlemen karena sistem nomor urut yang digunakan saat itu.

Pada tahun 2009, Andi Mapparemma memulai perjuangannya untuk menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng dari Partai PDI Perjuangan. Usahanya tidak sia-sia, ia berhasil mendapatkan kursi sebagai anggota dewan terpilih dan menjabat sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Soppeng periode 2009-2014.

Setelah masa jabatannya berakhir, pada tahun 2014-2019 ia kembali berjuang di kancah politik dengan mendaftar sebagai calon legislatif. Berkat doa serta dukungan dari masyarakat di daerah pemilihannya, ia dipercaya kembali untuk mengemban amanah di DPRD sebagai Wakil Ketua II periode 2014-2019.

Pada pemilihan umum tahun 2019, ia kembali mendapatkan amanah sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Soppeng.

Dengan sikap kesederhanaannya yang menonjol, ia berhasil membangun simpati dari warga ketika mengunjungi sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Soppeng.

Andi Paremma dikenal sebagai seorang pemimpin yang sederhana dalam berpandangan, santun berperilaku, humoris, dan tidak mengenal lelah dalam mengurus masyarakat. Dalam kesehariannya, ia memang sibuk menjalankan tugasnya sebagai Anggota DPRD. Namun, ia terus berkeliling mendatangi masyarakat, baik sekadar ngobrol-ngobrol seputar pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemkab maupun terkait kondisi kehidupan rakyatnya," kata salah satu Tokoh Masyarakat Kecamatan Marioriwawo, H. Syahidin.

Syahidin mengatakan, "Andi Paremma itu memang orangnya ramah dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat. Ia juga sosok yang sangat menghargai waktu dan disiplin dalam menjalankan tugas negara. Ia juga bijaksana, tegas, dan memiliki komitmen yang tinggi. Sering kali saya lihat ia sama-sama berjamaah Shalat di Masjid," ungkap Syahidin.

"Kami berharap dan mendoakannya. Semoga Allah SWT terus memberikan kesehatan kepada Andi Paremma, dimudahkan dalam semua urusan, dan diberikan umur yang berkah serta sukses mengemban amanah masyarakat."