Bone,Ambarnews.com - Polres Bone Polda Sulsel melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila 2024 dengan khidmat di halaman Mapolres Bone. Inspektur Upacara pada kegiatan ini adalah Plt Wakapolres Bone, Kompol Antonius Tutleta, S.Pd., dengan Komandan Upacara Kaurmintu Satlantas, Ipda Lukman, SH Upacara ini berlangsung pada Sabtu pagi, 1 Juni 2024.


Pembacaan teks Pancasila oleh Bripda Muhammad Alif Kamsir, sedangkan pembukaan UUD Tahun 1945 dibacakan oleh Bripda Muhammad Rafli. Personel kedua tersebut berasal dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bone. Pembacaan doa dipimpin oleh personel Satuan Samapta (Satsamapta) yang merupakan alumni Pondok Pesantren Al Ikhlas Ujung, Bripda Andi Muhammad Al-Khusairi.


Tema upacara kali ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Dalam amanatnya, Kompol Antonius Tutleta menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi yang harus selalu dihayati dan dijadikan pedoman oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Pancasila harus selalu kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ujar Kompol Antonius.


Di tempat lain, Kapolres Bone AKBP Arief Doddy Suryawan, S.IK., M.Si., mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka Watampone yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bone. Upacara tersebut dipimpin oleh Penjabat Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, M.H.


Upacara Hari Lahir Pancasila yang digelar di berbagai lokasi ini menunjukkan komitmen bersama dalam memperkokoh Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Semangat ini diharapkan dapat membawa Indonesia menuju cita-cita emas pada tahun 2045, tepat seratus tahun sejak kemerdekaan Indonesia.(Ashar)