Jakarta – Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak pada November 2024, Menkopolhukam memimpin rapat koordinasi yang diikuti oleh seluruh Gubernur/Pj Gubernur, Bupati/Pj Bupati, dan Walikota/Pj Walikota dari wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku pada hari Rabu, 26 Juni 2024. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Mendagri, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Kapolri/Baharkam Polri, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Turut hadir dalam rapat tersebut adalah Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, yang didampingi oleh Hakim Bukara selaku Kepala Bakesbangpol Luwu Utara. Suaib Mansur menyampaikan bahwa inti dari rapat koordinasi ini adalah memastikan semua pihak yang terlibat, baik penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu, pemerintah daerah, serta pihak keamanan dan ketertiban seperti TNI/Polri, hingga media dan masyarakat, melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dengan baik agar pemilu berjalan lancar dan aman.

"Inti dari Rakor ini adalah semua pihak baik penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu, pemerintah daerah utamanya, juga pihak yang berwenang terhadap keamanan dan ketertiban yaitu TNI/Polri hingga media dan masyarakat wajib untuk melaksanakan dengan baik masing-masing tugas dan fungsinya agar pilkada serentak November mendatang berjalan dengan baik dan aman," ucap Suaib yang dihubungi pasca kegiatan.



Suaib juga menambahkan bahwa peran pemerintah daerah sangat penting dalam mendukung dan memfasilitasi keamanan dan ketertiban. "Saya kira untuk kita di daerah bahwa dukungan dan penyediaan fasilitas untuk menjaga keamanan dan ketertiban adalah pengalokasian anggaran. Itu, insyaallah kita sudah komitmen. Dan lebih dari itu, Luwu Utara sendiri sudah sangat berpengalaman dalam pelaksanaan baik pemilu pusat dan daerah yang berlangsung dengan aman dan tentram, damai," tegas Suaib.

Ia juga menekankan bahwa kedewasaan masyarakat Luwu Utara dalam berpolitik dan menyikapi perbedaan adalah salah satu kunci kesuksesan pelaksanaan pemilu di daerah tersebut.
Red.