Bone,Ambarnews.com - Demi memastikan keamanan dan kelancaran pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter 1 Bone yang tergabung dalam Kloter 14 embarkasi Ujung Pandang, Polres Bone mengerahkan 49 personel yang dipimpin langsung oleh Plt. Wakapolres Kompol Antonius Tutleta, S.Pd.


Para calon jamaah haji beserta pengantar memadati aula Masjid Agung Al Markaz Watampone sejak dini hari. Ribuan orang memenuhi halaman Masjid Agung Al Markaz dan jalan protokol sekitarnya, menciptakan suasana ramai dan penuh semangat. Petugas kepolisian aktif memberikan himbauan agar masyarakat selalu waspada terhadap pelaku kejahatan yang mungkin memanfaatkan situasi keramaian tersebut. Selasa, 21/5/2024. 


Tim Kehumasan Polres Bone melaporkan dari lokasi bahwa jumlah jemaah yang diberangkatkan sebanyak 237 orang, terdiri dari 55 laki-laki dan 182 perempuan. Di antara mereka, terdapat 4 orang lansia yaitu Dinar Abdul Rahman Badda, Tinja Makkarumpa, Muh. Rani, dan Dawa Hammade Jampa. Calon haji termuda adalah Agskan Pratama Bin Kayyang (19 tahun) dari Jl. KH. Agussalim, Kelurahan Macege, sedangkan calon haji tertua adalah Dawa Hammade Jampa (93 tahun) dari Lapuse Desa Jaling, Awangpone.


Pelepasan rombongan calon jamaah haji ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Bone, H. Andi Islamuddin, M.H., dan turut dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone. Selaku Ketua Kloter, Bakri dari Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan memimpin rombongan ini, dengan didampingi Pembimbing Ibadah H.M. Rami dari Kantor Kemenag Kabupaten Maros dan Pembimbing KBIUH H. Abdul Karim.


Dalam sambutannya, H. Andi Islamuddin menyampaikan harapan agar para jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan predikat haji mabrur. Beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan selalu mengikuti arahan dari petugas haji.(Ashar)