Sulbar,Ambarnews.com - Menggrebek salah satu sekolah menengah atas (SMA) di Mamuju, Polwan cantik Direktorat Lalu Lintas mengajak para siswa untuk jadi pelopor keselamatan dengan tertib berkendara.


Terlihat para Polwan cantik yang dipimpin oleh Iptu Nopera menyapa para siswa, Selamat pagi adik-adik ganteng, terus belajar yang rajin ya dan ingat harus patuh, hormat kepada guru agar ilmu yang dipelajari berkah, Senin (20/5/24) di SMA 2 Mamuju.


Bersamaan itu, pihaknya juga menyampaikan pesan kamtibmas tentang tata tertib berlalu lintas. “Adik-adik berkendara itu punya aturan, harus memiliki SIM dulu dan yang terpenting saat berkendara tidak boleh ugal-ugalan di jalan demi keamanan dan keselamatan bersama.


Sebaiknya untuk keamanan dan keselamatan adik-adik, kata Iptu Nopera jika belum memiliki SIM jangan berkendara sendiri ke sekolah, mintalah orang tua mengantar atau naik angkutan umum saja itu lebih baik, ajaknya.


Pesan tersebut, langsung direspon positif oleh para siswa meski beberapa siswa menyampaikan alasannya kenapa harus berkendara sendiri (naik motor) saat kesekolah.


Tak hanya menyapa dan menghimbau para siswa yang dijumpai, Wakil Kepala Sekolah SMA 2 Mamuju yang juga sempat berkoordinasi dengan Iptu Nopera sekaligus mengapresiasi upaya kepolisian yang aktif mengajak para siswa untuk tertib berlalu lintas.


“Terimakasih ibu Polwan sudah aktif memberikan sosialisasi dan himbauan tertib berkendara di sekolah kami,” tutur Wakil Kepala Sekola SMA 2 Mamuju.


Sementara itu, Iptu Nopera mengungkapkan bahwa aksinya itu guna meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas kepada para pelajar di Mamuju.


“Upaya ini kita gencarkan sebagaimana arahan Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Valentinus, dalam kegiatan yang dilakukan kami memberikan pendidikan para siswa-siswi untuk tertib berlalu dan sadar tata cara berlalu lintas yang baik dan sopan santun di jalan. Kalau belum punya SIM, jangan bawa kendaraan dulu,” Jelasnya.


Iptu Nopera juga menambahkan akan konsisten untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan.


“Salah satu upaya yang terus kita gencarkan saat ini dengan menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak usia dini,” tandasnya.


Hms. (Faidkha)