Lampung Timur,Ambarnews.com --- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Lampung Timur, hari ini mengumpulkan tas koper para calon jamaah haji (CJH) Kloter 8 JKG yang akan berangkat pada hari Senin, 13 Mei 2024 pukul 17.00 WIB dari  Islamic Center Sukadana. 


Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah KanKemenag Lampung Timur, H. Liwon di Sukadana, Ahad (12/05/2024) mengatakan, pengumpulan tas koper bawaan 293 CJH ini mereka laksanakan selama sehari ini, dan pada Senin (13/5), sudah dibawa ke Asrama Haji Rajabasa di Bandar Lampung.


"Pengumpulan tas koper ini dilakukan sehari sebelum pemberangkatan di Aula Kantor Kemenag Lampung Timur, di mana tas yang dikumpulkan ini milik jamaah kloter 8 JKG yang akan berangkat pada tanggal 13 Mei besok," ujar dia.


Liwon mengimbau, kalangan CJH yang akan berangkat haji tahun ini baik yang tergabung dalam kloter 8, 30, 33, maupun 54, agar tidak memuat barang-barang yang dilafang dalam penerbangan sebagaimana telah disampaikan dalam bimbingan manasik haji kabupaten dan kecamatan. 



"Barang atau makanan yang akan dibawa merupakan yang sudah memiliki hak paten dan teruji oleh BPOM, tidak boleh sembarangan. Nantinya barang-barang ini akan diperiksa petugas, dan jika kedapatan akan disita," jelasnya.


CJH asal Kabupaten Lampung Timur yang akan berangkat haji tahun ini kata dia, sebanyak 865 orang, dengan rincian sebanyak 385 orang plus 8 orang petugas kloter tergabung dalam kloter 8 JKG, berangkatbtgl 13 Mei, sebanyak 385 orang plus 8 petugas kloter tergabung dalam kloter 30 JKG berangkat thl 24 Mei, sebanyak 30 orang tergabung dalam kloter 33 JKG berangkat tgl 26 Mei, dan sebanyak 65 orang tergabung dalam kloter 54 JKG, yang akan diterbangkan tanggal 4 Juni 2024. 


Untuk pemberangkatan 385 CJH kloter 8 JKG ini tambah dia, menggunakan sepuluh unit bus yang telah disiapkan Pemkab Lampung Timur dan akan dilepas Bupati dari Masjid Agung Baiturrohman Islamic Center Sukadana, Senin (13/5/24) setelah Shalat Ashar menuju asrama haji Rajabasa, selanjutnya pukul 19.30 WIB  di hari Selasa, 14 Mei 2024 dari Bandara Sorkarno Hatta Jakarta bertolak menuju Madinah.


Staf PHU, Solihun Ahmad menguatkan informasi bahwa himpunan koper jemaah haji kloter 8 JKG sudah 99? terkumpul, tinggal petugas kloter yang berasal dari Bandar Lampung menyusul Senin pagi demi efisiensi perjalanan dan pengelolaan kloter di Lampung Timur.(IMAN N)