Jakarta,Ambarnews.com | Sulawesi Tenggara kembali mengeksplorasi potensi fashionnya dalam mendukung ekonomi kreatif Indonesia. Dengan promosi tenun asli Sultra, provinsi ini telah menarik perhatian di kancah nasional dan internasional, termasuk dalam acara bergengsi Indonesia Fashion Week (IFW). IFW, didukung oleh 5 kementerian dan 30 Dewan Kerajinan Daerah, bersama Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI), menjadi wadah bagi industri mode Tanah Air.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, turut memberikan apresiasi pada kreativitas para desainer yang mengusung kain tenun asal Sulawesi Tenggara dalam IFW 2024, yang dihelat di Plenary Hall Jakarta Convention Centre (JCC) pada Jumat (29/03/2024).

"Kami dari Sultra sangat bangga melihat karya-karya kain tenun asli Sultra hadir dalam panggung bergengsi IFW 2024," ungkap Andap Budhi Revianto. Fashionshow Provinsi Sultra di IFW menampilkan karya-karya berbasis tenun asli, menegaskan dedikasi para pengrajin lokal.

Sekjend Kementerian Hukum dan HAM RI menambahkan bahwa busana yang dipamerkan merupakan hasil kolaborasi antara pengrajin tenun dan perancang busana, mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan karya ini, serta kepada Dekranasda dan Dinas Pariwisata atas dukungannya. Acara ini menjadi bukti bahwa dengan kerja sama, kita bisa menghasilkan karya yang membanggakan untuk Tanah Air," jelasnya.

"Karya ini juga menjadi simbol cinta kita pada Indonesia, dan bagaimana kita merangkul harmoni dalam keberagaman, sebagaimana tercermin dalam warna dan motif setiap tenun Sulawesi Tenggara," tambahnya. (Eric)