Palopo,Ambarnews.com | Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, telah menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota tahun anggaran 2023 ke DPRD Palopo. Rapat Paripurna ke-15 masa sidang kedua tahun 2023/2024 ini digelar di ruang Paripurna DPRD Kota Palopo pada Jum’at (29/03/2024).

Ketua DPRD Palopo, Hj. Nurhaeni, menjelaskan bahwa penyerahan LKPj tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 19 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi.

"Saya sebagai penjabat wali kota, melanjutkan kepemimpinan dari bapak HM Judas Amir dan H Rahmat Masri Bandaso, untuk masa bakti 2023 – 2024," kata Asrul Sani, menyoroti tahun anggaran 2023 sebagai tahun transisi kepemimpinan di Kota Palopo.

LKPj ini bertujuan untuk memberikan keterangan kepada DPRD atas pelaksanaan pemerintahan, pembinaan ketertiban, dan pembangunan yang dilaksanakan selama setahun anggaran yang lalu, jelasnya.

Dalam penyerahan LKPj ini, dijelaskan tentang kinerja pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palopo tahun 2023, yang meliputi pendapatan, pengeluaran, dan pembiayaan daerah.

Asrul Sani menyoroti tantangan dalam pengelolaan keuangan daerah, termasuk ancaman inflasi, krisis keuangan global, pemulihan ekonomi pasca Covid-19, daya beli masyarakat yang lemah, serta kinerja sektor riil yang belum stabil.

Rapat tersebut dihadiri oleh 15 Anggota DPRD dari total 25 orang, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.(Nurlina)