Jakarta,ambarnews.com | Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan apresiasi kepada Polri atas pengungkapan jaringan pornografi anak sesama jenis yang melibatkan jaringan internasional. Tim penyidik Polresta Bandara Soekarno-Hatta bekerja sama dengan FBI dalam pengungkapan ini.

Anggota Kompolnas RI, Irjen. Pol. (Purn) Pudji Hartanto Iskandar, menyampaikan apresiasi tersebut dalam kunjungannya ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (28/2/24).

"Ini merupakan pencapaian luar biasa. Kompolnas memberikan apresiasi atas kerja keras Polresta Bandara Soetta," ungkapnya di Polresta Bandara Soetta.

Iskandar menekankan pentingnya kerja sama internasional Polri dengan kepolisian negara lain, seperti kerja sama dengan gugus tugas Violent Crimes Against Children International Task Force (VCACITF) FBI, sebagai contoh yang patut ditiru.

Di sisi lain, Iskandar mengingatkan akan pentingnya penanganan kasus extraordinary crime dengan hati-hati, namun juga menekankan perlunya respons cepat dan sinergitas antar instansi.

Kompolnas berharap masyarakat terlibat aktif dalam memberikan masukan dan kritik terhadap penegakan hukum, untuk memastikan penanganan kasus seperti ini dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.

Untuk mencegah kasus serupa terjadi di masa depan, Kompolnas menekankan pentingnya mencari metode pencegahan yang lebih efektif dan meningkatkan kerjasama dengan stakeholder terkait.

Selain itu, Kompolnas meminta agar penanganan kasus ini dilakukan secara objektif dan profesional, tanpa adanya tindakan arogansi dari pihak penegak hukum.

"Penyalahgunaan wewenang tidak boleh terjadi lagi. Kita sudah memasuki era yang berbeda," tegasnya.(**)