Jakarta,ambarnews.com | Pemerintah Kota Palopo bangga meraih penghargaan Bergengsi dalam Baznas Awards 2024. Pada acara yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta pada Kamis (29/2/24), Kota Palopo dinobatkan sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat terbaik, menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan prestisius ini.

Baznas Awards merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh Baznas RI untuk menghargai individu atau lembaga yang berkontribusi dalam pengelolaan zakat di Indonesia. Kota Palopo berhasil mencapai prestasi ini melalui komitmen dan kepatuhan dalam pelaporan keuangan melalui aplikasi Sistem Informasi Baznas (Simba).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, SE.,M.Si., bersama Ketua Baznas Kota Palopo, As'ad Syam, SE.,M.Ak menerima penghargaan tersebut secara langsung.

As'ad Syam, Ketua Baznas Kota Palopo, menyatakan kebahagiaannya atas prestasi yang diraih. "Tentunya kami sangat bersyukur karena telah meraih penghargaan ini, mengingat baru kali ini Baznas Kota Palopo meraih penghargaan bertaraf nasional," ujarnya.

Penghargaan ini juga menjadi kebanggaan bagi Kota Palopo karena hanya ada dua kabupaten/kota di Indonesia yang meraihnya, yaitu Kota Palopo dan Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

As'ad berharap penghargaan ini akan mendorong peningkatan tata kelola dan pelayanan Baznas Kota Palopo ke depan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas dalam melaksanakan kewajiban zakat dan menyalurkan infaq serta sedekah.

Kota Palopo juga berhasil memperoleh penghargaan lainnya, yaitu Kepala Daerah Terbaik dalam membantu Baznas, serta penghargaan kategori taat kepada laporan keuangan melalui aplikasi Simba. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Republik Indonesia, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, dan turut dihadiri oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.(Nurlina)