Kendari,ambarnews.com | Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Ira Willis Kesumadoty Yusup, secara resmi dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Kendari. Acara pengukuhan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara serta pemasangan selempang dan pin Bunda PAUD.

Pengukuhan dilakukan oleh Bunda PAUD Sulawesi Tenggara (Sultra), Wa Ode Munanah, di Rumah Jabatan Gubernur Sultra pada Minggu (25/2/2024). Proses pengukuhan melibatkan pembacaan naskah pengukuhan dan pembacaan ikrar oleh Bunda PAUD Sultra serta dihadiri oleh ketujuh Bunda PAUD Kabupaten/Kota lainnya se Sultra.

Wa Ode Munanah Asrun Lio, Bunda PAUD Sultra, memberikan pesan kepada para Bunda PAUD agar menjalankan tugas mereka dengan baik, terutama dalam mewujudkan generasi emas 2045.

"Saya ucapkan selamat kepada para Bunda PAUD kabupaten/kota yang baru saja dilantik. Tugas ini merupakan komitmen untuk mewujudkan program-program Bunda PAUD guna menciptakan generasi emas di masa depan," jelas Wa Ode Munanah.

Selain itu, beberapa tugas dan fungsi Bunda PAUD disebutkan, antara lain menyukseskan penurunan angka stunting di wilayahnya, menyukseskan transisi PAUD hingga ke Sekolah Dasar (SD), serta pengenalan lingkungan sekolah atau SMP.

Sekda Sultra, Asrun Lio, menyatakan komitmen pemerintah Provinsi Sultra terhadap pendidikan, khususnya PAUD, sesuai arahan Penjabat Gubernur Sultra.

"Arahan tersebut telah dibentuk dalam bentuk pantun dan kita memiliki kelompok kerja (pokja). Pokja ini akan melanjutkan evaluasi dan monitoring terhadap seluruh kegiatan Bunda PAUD di kabupaten/kota," tambahnya.(**)