Masamba – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Utara menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara di Rutan Masamba (27/01) di Aula Rutan Masamba.

Kegiatan simulasi ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi antara Rutan Masamba dan KPU Luwu Utara sebagai media edukasi kepada calon pemilih terkhusus untuk warga binaan Rutan Masamba agar dapat memahami alur pemungutan suara dalam perhelatan pesta demokrasi pemilu tahun 2024.

Komisoner KPU Luwu Utara Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara Mahsyar menyampaikan bahwa kegiatan simulasi ini dilaksanakan pada TPS Lokasi Khusus yaitu Rutan Masamba dikarenakan warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih berasal dari berbagai daerah sehingga KPU Luwu Utara menjadikan lokus simulasi pada kali ini.


“Kami dari KPU menjadikan Rutan Masamba sebagai lokus (tempat) simulasi melihat warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih dari berbagai daerah yang berbeda sehingga nantinya juga mendapatkan surat suara yang berbeda pula sesuai dengan domisili masing-masing” Ujar Mahsyar.

Lebih lanjut Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara menjelaskan bahwa simulasi ini menjadi ajang edukasi kepada warga binaan untuk memastikan hak dan partisipasi warga binaan terjamin.

Kepala Rutan Masamba Agung Hartono menambahkan bahwa Rutan Masamba berkomitmen mendukung KPU Kab.Luwu Utara terkait Fasilitasi serta kesiapan dan kolaborasi antara Rutan Masamba dengan KPU Luwu Utara dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di TPS Lokasi Khusus Rutan Masamba.

“Kami telah berkomitmen untuk mendukung (KPU) dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, terutama dalam fasilitasi kesiapan dan kolaborasi nantinya. Dan kami juga berharap arahan dan bimbingan dari KPU dalam pemungutan dan perhitungan suara pada tanggal 14 agar pelaksanaanya berjalan dengan lancar tanpa hambatan” pungkas Karutan Masamba.


Petugas KPPS pada simulasi ini langsung diperankan oleh Petugas KPPS (Pegawai Rutan Masamba) TPS Lokasi Khusus dengan petunjuk dan bimbingan dari KPU Kabupaten Luwu Utara dengan sampel pemilih dari pegawai dan warga binaan.

Turut Hadir dalam simulasi tersebut Bupati Luwu Utara yang diwakili Asisten I, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Masamba, Kepala Rutan Masamba, Perwakilan Kodim1403 Palopo, Kepala Kesbangpol Kabupaten Luwu Utara, Komisioner KPU Luwu Utara, Perwakilan Bawaslu, Perwakilan Polres Luwu Utara, Panwas Kecamatan Mappedeceng, PPK Kecamatan Mappedeceng, Median dan tamu undangan lainnya.
Humas lapas.